Selasa, 01 Maret 2011

Ulah Sebagian Pedagang-Pedagang Indonesia

         Pada umumnya ,penduduk Indonesia bermata pencarian sebagai pedagang,selain sebagai petani ,buruh,dll guna meningkatkan perekonomian mereka.Tujuan  mereka memilih menjadi pedagang pasti untuk mendapatkan keuntungan.Nah ada sebagian pedagang-pedagang Indonesia yang tidak ingin mengalami kerugian dan hanya ingin mendapatkan keuntungan saja dengan melakukannya di jalan yang salah atau tidak sportif.Mereka berbuat curang dalam berdagang dan sangat jeli dalam melakukannya tanpa memikirkan bahaya yang akan dialami pembeli atau konsumen.
          Hal-hal tersebut kini marak terjadi  hampir diseluruh Indonesia ,khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta.Tanpa kita sadari,mungkin kita sudah pernah masuk perangkap sebagian pedagang-pedagang nakal tersebut.Dapat kita lihat,ulah-ulah yang diperbuat oleh sebagian pedagang-pedagang Indonesia,seperti :
·        Pedagang daging sapi,misalnya : daging sapinya tidak laku berhari-hari,maka pedagang daging sapi tersebut akan merendam daging sapi dengan darah agar daging sapi terlihat tidak pucat dan kelihatan fresh,kemudian mereka menjualnya kembali.
·        Pedagang gorengan,misalnya:    1. pedagang menambahkan boraks (pengawet buatan)kedalam adonan gorengan agar gorengan tersebut lebih kenyal dan awet sampai berhari-hari,sehingga pedagang tersebut dapat menjualnya besok,apabila hari ini tidak laku terjual.         2. Sebelum menggoreng gorengan,si pedagang terlebih dahulu menggoreng plastik dalam minyak yang akan digunakan untuk menggoreng gorengan.Hal tersebut dilakukan agar gorengan menjadi lebih krenyes.
·        Pedagang semangka,misalnya: pedagang tersebut menyuntikkan pewarna tekstil (warna merah)ke semangka,agar dapat menarik perhatian orang untuk membelinya,karena warna merahnya yang terlihat segar dan cerah.
·        Pedagang tahu, misalnya: pedagang memberi formalin pada tahunya,sehingga tahu menjadi   awet selama berhari-hari dan bisa dijual kembali apabila hari ini tidak laku terjual.
          Dan masih banyak lagi ulah-ulah yang diperbuat oleh sebagian pedagang-pedagang Indonesia untuk mengelabui kita dan merugikan kita dalam bidang kesehatan khususnya.Harus kita sadari,perbuatan-perbuatan seperti itu akan merusak  dan menghancurkan bangsa Indonesia serta mencemari nama baik bangsa secara perlahan tanpa mereka sadari.
          Jadi berhati-hatilah dalam membeli makanan atau hal yang lainnya,ceklah kualitas barang yang hendak dibeli.Kalau mau yang lebih aman,buatlah makanan/cemilan sendiri karena keamanan dan kualitasnya terjamin,maka mulai dari sekarang kita harus mewaspadai hal-hal seperti itu agar tidak semakin banyak yang dirugikan oLeh ulah sebagian pedagang-pedagang Indonesia tersebut.

by : Nadila Aulia IX.1 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar